Rabu, 07 November 2012

Tugas 1 Perkembangan Teknologi Komunikasi


1. Sekitar pada tahun 1800 SMP. Yaitu pada suku maya kuno,pada saat itu mereka telah memiliki sistem jumlah dan kalender. Suku Maya dianggap sebagai seniman besar Mesoamerika yang juga membuat kemajuan signifikan dalam matematika dan astronomi, termasuk penggunaan nol dan pengembangan sistem kalender kompleks berdasarkan 365 hari.
-sebelum mengenal sistem abjad manusia berinteraksi dengan membuat gambar yang saat ini disebut piktograf dan piktograf tersebut digunakan untuk menyampaikan informasi kepada orang lain.
2.  Secara definitif, pembabakan waktu itu memiliki makna yang dianggap menggambarkan peradaban didalamnya. Misalnya, zaman sejarah dianggap berbeda dengan prasejarah karena pada saat itu telah ditemukan tulisan. Tulisan inilah kemudian memunculkan peradaban baru dalam kehidupan umat manusia saat itu yang sangat kontras dengan zaman sebelumnya.
Zaman batu
Zaman batu menunjuk pada suatu periode di mana alat-alat kehidupan manusia umumnya terbuat dari batu, walaupun ada juga alat-alat tertentu yang terbuat dari kayu dan tulang. zaman batu dibedakan lagi menjadi 3 masa, yaitu:
                Batu tua (Paleolithikum)
Dimana pada zaman ini alat-alat hidup mereka terbuat dari batu kasar yang belum diasah sehingga masih berbentuk sederhana.
batupertengahan (Mesolithikum)
Peralatan yang digunakan masih hampir sama dengan masa sebelumnya, hanya sedikit lebih halus. Kehidupan manusia sudah mengenal cocok tanam sangat sederhana dan mulai mencari tempat tinggal yang tetap.

Zaman batu akhir (Neolithikum)
Peralatan yang digunakan telah diasah sampai halus. Manusia sudah mulai membuat gerabah, mempunyai tempat tinggal yang tetap dan memiliki pengetahuan bertani yang baik. Mereka juga telah bisa memintal dan menenun. Pada masa ini manusia sudah mulai membuat bangunan megalit yang berhubungan dengan kepercayaan, antara lain: menhir, dolmen, sarkofagus, punden berundak, dan peti kubur batu. Manusia yang tinggal di dekat pantai dan sungai besar juga telah mengenal pelayaran
Zaman logam
Perlu ditegaskan bahwa dengan dimulainya zaman logam bukan berarti berakhirnya zaman batu, karena pada zaman logampun alat-alat dari batu terus berkembang bahkan sampai sekarang. Sesungguhnya nama zaman logam hanyalah untuk menyatakan bahwa pada zaman tersebut alat-alat dari logam telah dikenal dan dipergunakan secara dominan. Zaman logam disebut juga dengan zaman perundagian.
Perkembangan zaman logam di Indonesia berbeda dengan di Eropa, karena zaman logam di Eropa mengalami 3 bagian, yaitu zaman tembaga, zaman perunggu, dan zaman besi. Sedangkan di Indonesia khususnya dan Asia Tenggara umumnya tidak mengalami zaman tembaga tetapi langsung memasuki zaman perunggu dan besi secara bersamaan. Dan hasil temuan yang lebih dominan adalah alat-alat dari perunggu sehingga zaman logam disebut juga dengan zaman perunggu.
1.      ^ a b c d Borsook, Paulina (1996). Cyberselfishness. Retrieved 2007-02-06.
2.      ^ a b c d e Borsook, Pauline (2000). Cyberselfish: A Critical Romp Through the Terribly Libertarian Culture of High-Tech. PublicAffairs. ISBN 1-891620-78-9.
^ a b c d e Barbrook, Richard; Cameron, Andy (2000). The California Ideology. Retrieved 2007-02-06

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar